DIAGRAM STATECHART
Diagram Statechart
dalam UML kadang disebut dengan istilah diagram state machine.
UML memiliki dua state
machine antara lain :
1. Behavoiral
State Machine
Mesin
ini digunakan untuk memunjukan prilaku elemen yang dimodelkan, misalnya suatu
objek.
2. Protocol
State Machine
Mesin
ini digunakan untuk menunjukan perilaku protokol.
Ø Behavoiral
State Machine
Behavoiral
State Machine Menggambarkan perilaku
bagian suatu sistem menggunakan notasi grafik.
Ø Keadaam (States)
State
memodelkan kejadian khusus dalam
prilaku classifier.
Pada persegi panjang terdiri dalam
sekat-sekat yang terdiri dari :
·
Nama
·
Aktivitas Internal
·
Transisi Internal
State bisa aktif bisa juga tidak aktif. Suatu State aktif karena transisi dan segera
tidak aktif ketika state
ditinggalkan.
UML mendefinisikan tiga tipe state yakni :
1. State
Sederhana
2. State
Komposit
3. State
sub-machine
State
Komposit
State komposit adalah komposit dengan satu atau lebih
region. Region berisi substate.
Region
Sebuah region digambarkan dengan garis putus-putus
yang memisahkan dengan region yang lain.
Submachine
State
Submachine
State secara semantik ekivalen dengan
state komposit dimnana keduanya
memiliki internal substate dan
transisi.
Transisi
(Transition)
Transisi memperlihatkan hubungan atau jalur antara dua
state atau pseudostate. Merepresentasikan perubahan konfigurasi state machine dari satu state ke state berikutnya.
Aktivitas
Suatu aktivitas mereprensentasikan beberapa fungsi
yang dijalankan sistem. Aktivitas berlangsung hanya pada state yang aktif.
UML mencadangkan tiga label aktivitas yaitu :
1.
Entry, dipicu
saat state dimasuki.
2.
Exit, dipicu saat
state ditinggalkan.
3.
Do, dijalankan
saat state aktif dan tetap berjalan sampai komplit.
Perluasan
State Machine
Seperti konsep UML lainnya, state machine digunakan untuk dibuat lebih spesifik dengan cara
menambah region, state, pseudostate, atau transisi.
Ø Protocol
State Machine
Protocol
state machine merangkum perilaku
suatu protokol, misalnya http.
Tidak seperti behavoiral state machine, protokol mesin ini merepresentasikan
situasi yang lebih stabil dimana classifier
tidak memproses operasi tertntu dan user mengetahui konfigurasinya.
Ø Pseudostate
Pseudostate merupan tipe khusus suatu state selama transisi dalam state biasa. Dikombinasikan dengan
transisi dasar, pseudostate menunjukan perubahan state yang komplek dalam state
machine.
Ø Proses
Kejadian (Even Processing)
Informasi dalam state machine dihantarkan oleh kejadian. Kejadian dapat dipicu dari
luar state machine atau dari bagian
aktivitas yang dijalankan dalam suatu
state.
Pengiriman
UML mengijinkan saat pengiriman terjadi konflik pada
transisi. Pemilihan transisi mana yang harus dijalankan adalah :
·
Suatu transisi
dimulai dari substate yang memiliki
prioritas paling tinggi.
·
Transisi pada
state ortoghonal memiliki prioritas yang sama dan dipilih yang pertama kali
tiba.
Kejadian
Yang Tertunda (Deferred Events)
Penggambarannya dengan mendaftarkan kejadian disertai garis
miring dan kata kunci difer dalam
suatu state.
DIAGRAM AKTIVITAS
Diagram aktivitas lebih memfokuskan diri pada eksekusi
dan alur sistem dari pada bagaimana sistem itu dirakit. Diagram ini tidak hanya
memodelkan software melainkan memodelkan model bisnis juga.
Ø Aktivitas
dan Aksi
Aktivitas merupakan kumpulan aksi-aksi. Aksi-aksi melakukan
langkah sekali saja tidak boleh dipecah menjadi bebepara langkah lagi, contoh
aksi yaitu :
1.
Fungsi matematika
2.
Pemanggilan
perilaku
3.
Pemrosesan data
Aktivitas dapat mengakses atribut dan operasi classifier, tiap objek yang terhubung
dan parameter-parameter jika aktivitas memiliki hubungan dengan perilaku.
Ketika digunakan untuk model proses bisnis, informasi itu biasanya disebut process-relevant data. Aktivitas
diharapkan dapat digunakan ulang dalam suatu aplikasi, sedangkan aksi biasanya
spesific dan digunakan hanya untuk aktivitas tertentu.
Tepian
Aktivitas (Activity Edges)
Untuk menunjukan aliran aktivitas, kita menggabungkan
aksi-aksi bersama menggunakan tepian aktivitas. Aksi-aksi yang tidak
diintruksikan oleh tepian dijalankan berbarengan.
Aliran
Kontrol (Control Flows)
UML menyediakan tepian aktivitas khusus hanya untuk
mengontrol aliran, dinamakan aliran komtrol. Aliran kontrol secara eksplisit memodelkan
kontrol dari satu aksi ke aksi berikutnya.
Aliran Objek
(Object Flows)
UML menyediakan tepian aktivitas yang berupa data saja
dinamakan aliran objek. Aliran objek dimaksudkan untuk mendukung data multicasting,
pemilihan token dan tranformasi token.
Konektor (Connectors)
Untuk menyederhanakan
diagram aktivitas yang besar, kita dapat membagi tepiannya dengan konektor.
Tiap konektor diberikan nama dan murni sebagai perlengkapan notasi.
Ø Token (Tokens)
Secara konseptual, informasi
yang bergerak sepanjang tepian diberi istilah dalam UML sebagai token. Suatu
token merepresentasikan data real, objek atau fokus suatu kontrol.
Ø Titik Aktivitas (Activity Nodes)
UML 2.0 mendefinisikan beberapa
tipe titik aktivitas untuk memodalkan beragam tipe aliran aliran informasi.
Istilah yang dijumpai yaitu : titik parameter untuk mempresentasikan data yang
dikirimkan ke aktivitas, titik objek untuk mempresentasikan data komplek dan
titik kontrol untuk mengalirkan secara langsung ke diagram aktivitas.
o Titik Parameter (Parameter Nodes)
Kita dapat
mempresentasikan parameter-parameter suatu aktivitas atau keluaran dari
aktivitas yang dijalankan dengan titik parameter. Masukan titik parameter
memiliki tepian pada aksi pertamanya dan keluaran titik parameter memiliki
tepian yang datang dari aksi terakhir titik parameter.
o Titik Objek (Objek Nodes)
Titik objek
digunakan untuk mempresentasikan data komplek yang melewati diagram aktivitas.
Titik objek menggambarkan instance suatu classifie dalam keadaan tertentu.
o Pin
Guna
mempersingkat notasi, UML mendefinisikan notasi khusus untuk titik objek, yaitu
pin sebagai masukan dan keluaran aksi.
o Titik Kontrol (Control Nodes)
Sebagai
tambahan terhadap suatu aksi, aktivitas mungkin memasukan titik lain untuk
mempresentasikan pengambilan keputusan, persetujuan atau sinkronisasi. Titik
khusus ini disebut titik kontrol.
Titik
Inisial (Initial Nodes)
Titik inisial merupakan poin awal suatu aktivitas,
bisa saja memiliki masukan pada tepianya.
Titik
Keputusan dan Penggabungan (Decision and
Merge Nodes)
Titik keputusan adalah titik
kontrol yang memilih keluaran yang berbeda berdasarkan ekspresi boolean. Tiap
titik keputusan memiliki satu masukan dan banyak tepian keluaran.
Titik Fork dan Join
Sebuah titik fork memisahkan aliran yang melalui
aktivitas menjadi beberapa aliran. Ketika data tiba titik fork keluarannya dipublikasikan kepada tepian keluar.
Titik join adalah kebalikan dari titik fork. Titik ini melakukan sinkronisasi terhadap beberapa aktivitas kembali
menjadi satu aliran. Ketika seluruh tepian memiliki token, token ini dikirim
keluar melalui tepian keluar.
o Diagram Aktivitas Lanjut
UML 2.0
memperkenalkan beberapa notasi pemodelan yang ampuh pada diagram aktivitas yang
mengijinkan kita mengganbarkan perilaku yang komplek. Kebanyakan notasi
dimaksudkan sedekat mungkin dengan model yang dapat dieksekusi.
Partisi Aktivitas (Activity Partitions)
Terkadang kita perlu
menunjuutukan bagian mana yang melakukan suatu aktivitas. Oleh karena itu kita
perlu mempartisi dengan cara memisahkan model yang kita buat dalam jalur
horizontal yang disebuat swimlanes.
Penangganan Pengecualian (Exception
Handling)
UML 2.0menydiakan sarana
dalam menangani pengecualian pada diagram aktivitas. Exception handling mendefinisikan tipe pengecualian dan perilaku
untuk eksekusi ketika suatu pengecualian terjadi.
Region Ekspansi (Exspansion
Regions)
Kita dapat mengumpulkan aksi-aksi
yang dilakukan terhadap kumpulan data input dalam suatu region ekspansi.
Lingkar (Looping)
Linkaran juga didefinisikan
untuk diagram aktivias pada UML 2.0. titik lingkar memiliki tiga subregion :
setup, body dan tes. Tes mengevaluasi subregion sebelum atau setelah region
body. Subregion setup dijalankan hanya sekali ketika pertama kali memasuki
lingkar.
Pancaran (Streaming)
Suatu aksi dikatakan
memancar jika menghasilkan keluaran ketika sedang memproses masukan. Aksi dalam
bentuk memancar dimodelkan dengan kata kunci stream dalam kurung kurawal ({})
dekat tepian datang dan tepian keluar suatuaksi.
Region aktivitas yang dapat diinterupsi
Kita dapat memberi tanda
region pada diagram aktivitas yang dapat menghentikan token dan proses dengan interruptible activity region.
Titik Penyangga Pusat (Central
Buffer Nodes)
Titik penyangga pusat dimaksudkan
untuk menyimpan sementara masukan sebelum diteruskan dengan aksi berikutnya.
Pusat persegi pangjang yang diberi nama dengan kata kunci <<central buffer>>
Titik Penyimpanan Data (Data
Store Nodes)
Titik penyimpanan data
merupakan kekhususan dari titik penyangga, dimana yang disangga hanya berupa
data. Titik penyangga pusat tetapi dengan kata kunci <<datastore>>.
DIAGRAM SEQUENCE
Sequence diagram merupakan sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antar
objek didalam sebuah sistem. Interaksi tersebut berupa message yang digambarkan
terhadap waktu. Sequence diagram terdiri dari dimensi horizontal (objek-objek
yang terkait) dan dimensi vertikal (waktu). Diagram ini juga menggambarkan urutan event yang terjadi, dan lebih
detail dalam menggambarkan aliran data termasuk data atau behavioral yang dikirimkan atau diterima. Namun, diagram ini
kurang mampu menjelaskan detail dari sebuah algoritma, seperti loop, dan branching.
Seqeunce diagram bisa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian
langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses
dan perubahan apa saja terjadi secara iternal dan output apa yang dihasilkan.
Beberapa simbol yang
digunakan dalam pembuatan seqeunce diagram :
·
Simbol Activation
Simbol
Activation adalah simbol yang menggambarkan aktivitas yang dilakukan oleh
objek.
·
Simbol Life Line
Simbol life
line adalah simbol yang menggambarkan ketika suatu objek dihilangkan.
·
Simbol Objecta
Simbol Object
adalah simbol yang menggambarkan objek dari kelas yang menerima pesan. Tandanya
berupa titik dua (:) harus ada untuk menandakan nama dari sebuah objek.
·
Simbol Synchronous
Simbol
Synchronous adalah simbol yang menggambarkan siklus dari objek.
Istilah lain pada seqeunce
diagram :
·
Actor
Menggambarkan sebuah orang
atau entitas eksternal yang berinteraksi dengan sistem.
·
Object
Menggambarkan sebuah objek
dalam sebuah sistem atau salah satu komponennya. Objek merupakan sebuah
instansi dari sebuah class.
·
Life Line
Menggambarkan daur hidup
sebuah objek.
·
Activation Bar
Menggambarkan durasi atau
lamanya pengerjaan sebuah pesan (Mesagge).
·
Mesagge
Sebuah mesagge sederhana
antara elemen header, atau berupa synchronous
atau asynchronous. Dan juga
menindikasikan komunikasi antara objek.
·
Synchronous Mesagge
Menggambarkan mesagge ke
elemen (objek) lain,dimana mesagge ini mengaktifkan sebuah proses dan sampai
selesai baru bisa mengirimkan sebuah mesagge baru.
·
Return
Suatu hasil kembalian sebuah
operasi (feedback) dari sebuah
mesagge.
·
Asynchronous mesagge
Menggambarkan mesagge ke
elemen elemen (objek) lain,dimana mesagge ini mengaktifkan sebuah proses dan ditengah-tengah
proses, pengirim mesagge bisa mengirimkan mesagge baru.
·
Destroy Element
Menggambarkan penghancuran
sebuah elemen header (objek) setelah selesai sebuah operasi.
·
Desrtoy Mesagge
Menggambarkan penghancuran
sebuah elemen header (objek) sebagai akibat dari sebuah mesagge dari elemen
(objek) lain.
Time merupakan elemen
penting dalam seqeunce diagram. Dan disini konteknya adala buka durasi.
Alternatives bisa digunakan
untuk mendesign sebuah pilihan mutually
exclusive antara dua atau lebih urutan pesan. Alternative menggambarkan
pemodelan dari sebuah logic “if then else”
klasik.
Kombinasi fragment option biasa digunakan untuk
memodelkan sebuah urutan dimana diberikan sebuah kondisi tertentu akan terjadi,
jika tidak urutan tidak akan terjadi. Sebuah option digunakan untuk memodelkan sebuah statement “if then” sederhana.
Kombinasi fragment loop digunakan untuk memodelkan
sebuah urutan yang berulan-ulang. Dimana syarat perulangan ditelakan pada
bagian sebelahkiri atas sebuah fragment
loop.
Disusun oleh kelompok ZEBRA :
Rydha (A2.1100064)
Hedi (A2.1100080)
Jajang SM (A2.1100070)
Ramdhan (A2.1100082)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar